Pada awal perindustrian game, biaya pengembangan game masih kecil, dan video
games dapat menjadi sangat menguntungkan. Game yang dikembangkan oleh seorang
atau tim kecil programmer dan artist dapat menjual ratusan ribu kopi games dan
menguntungkan baik bagi pengembang maupun bagi publisher. Beberapa publisher
juga lahir dari iklim ekonomi seperti ini, seperti Sierra Entertainment,
Capcom, Activision, dan Electronic Arts (EA).
Seiring meningkatnya komputasi dan kemampuan grafis, meningkat pula ukuran
tim pengembang game dimana staff-staff mulai diberi pekerjaan yang sesuai
dengan teknis mereka. Tim ini dapat terdiri dari programmer, artist, game
designer, dan produser. Budget dari game itu sendiri meningkat hingga mencapai
jutaan dollar seiring meningkatnya kapabilitas game engine yang ada.
Retail
Toko Gamestop di Amerika |
Bisnis dalam game tidak harus selalu mengenai pembuatan game, tapi juga
penjualannya. Bisnis retail game adalah salah satu industry besar pada awal
2000-an. Toko-toko retail seperti GameStop dan BestBuy mulai menjual dan
mendistribusikan game dlaam bentuk fisik. Namun, perpindahan industry game dari
retail menjadi digital download menyebabkan penurunan harga pada
retailer-retailer itu. Selain itu, developer lebih sering menjual digital
download dari game mereka di toko online khusus platform game tersebut,
misalnya Playstation Network dan Nintendo eShop.
Praktek Bisnis
Praktek bisnis di industry video game hampir mirip dengan industri hiburan,
namun memang industry ini sudah dikenal karena kurangnya perhatian terhadap
pengembang yang memiliki potensi. Hal ini mendorong para developer untuk
meninggalkan perusahaan mereka dan membangun perusahaan dan proyek sendiri. Ada
beberapa hal yang perlu diketahui dalam praktek bisnis di industry game, yaitu
:
Breakaways
Hideo Kojima |
Breakaways
adalah sebuah kondisi dimana pengembang meninggalkan perusahaan tempatnya
bekerja dan mendirikan perusahaan baru. Salah satu kasus klasik yang terkenal
adalah berdirinya Activision, sebuah publisher game yang dibentuk oleh mantan
pengembang Atari. Saat ini, Activision menjadi salah satu publisher game
terbesar di dunia. Kasus lainnya yang cukup baru adalah keluarnya pembuat game
Metal Gear Solid, Hideo Kojima, dari Capcom dan membentuk tim baru bernama
Kojima Production.
Piracy (Pembajakan)
Pembajakan sudah bukan hal baru lagi dalam berbagai industry. Industri game
sendiri sudah melakukan banyak hal untuk mencegah ini, namun sampai saat ini,
prakteknya masih berjalan. Salah satu strategi yang dapat dibilang efektif
untuk mencegah pembajakan adalah mengganti model bisnis game menjadi Freemium.
Freemium berarti pemain dapat memainkan gamenya secara gratis, namun pemain
dapat memilih untuk membayar kebutuhan mereka dalam game.
Creative Control
Dalam beberapa forum internet, beberapa gamers menyatakan keberatan terhadap
publisher yang memiliki creative control karena publisher lebih memilih tren
pasar jangka pendek disbanding menginvestasi ide gila yang beresiko. Di samping
itu, publisher mungkin lebih tahu keinginan consumer lebih daripada developer
Dalam industry game computer, lebih mudah untuk membuat startup, sehingga
menghasilkan banyak perusahaan sukses. Industri game konsol lebih tertutup, dan
developer harus memiliki setidaknya tiga lisensi dari pabrikan konsol.
Lisensinya yaitu :
1.
Lisensi untuk mengembangkan game untuk konsol
2.
Publisher harus memiliki lisensi untuk mengeluarkan
game konsol
3.
Lisensi terpisah untuk setiap game.
Sebagai tambahan, developer harus membeli development system dari pabrikan
konsol untuk mengembangkan game sebagai pertimbangan sekaligus menerima pengakuan
dari pabrikan game.
Gaming Convention
Hall Nintendo di E3 |
Konvensi Gaming sudah menjadi acara penting bagi industry ini. Para pengembang,
publisher dan perusahaan game pada umumnya memamerkan hasil buah tangan mereka
ke public. Beberapa konvensi terkenal diantaranya E3 dan PAX di Amerika,
Gamescom di Jerman, serta Tokyo Game Show di Jepang.
Hanya
sampai sini artikel ini dibuat. Jika ada kesalahan kata mohon dimaafkan. Jika
ada informasi yang salah mohon diberi saran. Terima kasih, Grazie, Danke, Arigatou,
and Thank You..!!
0 komentar:
Posting Komentar