Senin, 12 Maret 2018

Bisnis Game



Pada awal perindustrian game, biaya pengembangan game masih kecil, dan video games dapat menjadi sangat menguntungkan. Game yang dikembangkan oleh seorang atau tim kecil programmer dan artist dapat menjual ratusan ribu kopi games dan menguntungkan baik bagi pengembang maupun bagi publisher. Beberapa publisher juga lahir dari iklim ekonomi seperti ini, seperti Sierra Entertainment, Capcom, Activision, dan Electronic Arts (EA).

Seiring meningkatnya komputasi dan kemampuan grafis, meningkat pula ukuran tim pengembang game dimana staff-staff mulai diberi pekerjaan yang sesuai dengan teknis mereka. Tim ini dapat terdiri dari programmer, artist, game designer, dan produser. Budget dari game itu sendiri meningkat hingga mencapai jutaan dollar seiring meningkatnya kapabilitas game engine yang ada.

Retail

Toko Gamestop di Amerika
Bisnis dalam game tidak harus selalu mengenai pembuatan game, tapi juga penjualannya. Bisnis retail game adalah salah satu industry besar pada awal 2000-an. Toko-toko retail seperti GameStop dan BestBuy mulai menjual dan mendistribusikan game dlaam bentuk fisik. Namun, perpindahan industry game dari retail menjadi digital download menyebabkan penurunan harga pada retailer-retailer itu. Selain itu, developer lebih sering menjual digital download dari game mereka di toko online khusus platform game tersebut, misalnya Playstation Network dan Nintendo eShop.

Praktek Bisnis

Praktek bisnis di industry video game hampir mirip dengan industri hiburan, namun memang industry ini sudah dikenal karena kurangnya perhatian terhadap pengembang yang memiliki potensi. Hal ini mendorong para developer untuk meninggalkan perusahaan mereka dan membangun perusahaan dan proyek sendiri. Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam praktek bisnis di industry game, yaitu :

Breakaways
Hideo Kojima
Breakaways adalah sebuah kondisi dimana pengembang meninggalkan perusahaan tempatnya bekerja dan mendirikan perusahaan baru. Salah satu kasus klasik yang terkenal adalah berdirinya Activision, sebuah publisher game yang dibentuk oleh mantan pengembang Atari. Saat ini, Activision menjadi salah satu publisher game terbesar di dunia. Kasus lainnya yang cukup baru adalah keluarnya pembuat game Metal Gear Solid, Hideo Kojima, dari Capcom dan membentuk tim baru bernama Kojima Production.

Piracy (Pembajakan)
Pembajakan sudah bukan hal baru lagi dalam berbagai industry. Industri game sendiri sudah melakukan banyak hal untuk mencegah ini, namun sampai saat ini, prakteknya masih berjalan. Salah satu strategi yang dapat dibilang efektif untuk mencegah pembajakan adalah mengganti model bisnis game menjadi Freemium. Freemium berarti pemain dapat memainkan gamenya secara gratis, namun pemain dapat memilih untuk membayar kebutuhan mereka dalam game.

Creative Control
Dalam beberapa forum internet, beberapa gamers menyatakan keberatan terhadap publisher yang memiliki creative control karena publisher lebih memilih tren pasar jangka pendek disbanding menginvestasi ide gila yang beresiko. Di samping itu, publisher mungkin lebih tahu keinginan consumer lebih daripada developer

Dalam industry game computer, lebih mudah untuk membuat startup, sehingga menghasilkan banyak perusahaan sukses. Industri game konsol lebih tertutup, dan developer harus memiliki setidaknya tiga lisensi dari pabrikan konsol. Lisensinya yaitu :
1.      Lisensi untuk mengembangkan game untuk konsol
2.      Publisher harus memiliki lisensi untuk mengeluarkan game konsol
3.      Lisensi terpisah untuk setiap game.
Sebagai tambahan, developer harus membeli development system dari pabrikan konsol untuk mengembangkan game sebagai pertimbangan sekaligus menerima pengakuan dari pabrikan game.

Gaming Convention
Hall Nintendo di E3
Konvensi Gaming sudah menjadi acara penting bagi industry ini. Para pengembang, publisher dan perusahaan game pada umumnya memamerkan hasil buah tangan mereka ke public. Beberapa konvensi terkenal diantaranya E3 dan PAX di Amerika, Gamescom di Jerman, serta Tokyo Game Show di Jepang.









Hanya sampai sini artikel ini dibuat. Jika ada kesalahan kata mohon dimaafkan. Jika ada informasi yang salah mohon diberi saran. Terima kasih, Grazie, Danke, Arigatou, and Thank You..!!

0 komentar:

Posting Komentar