Desain
Skenario
Desain atau Design merupakan perencanaan dalam pembuatan
sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Desain merupakan sebuah konsep
tentang sesuatu.
Skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang
agar suatu peristiwa terjadi sesuai dengan yang diinginkan. Kalau dasar untuk
pembuatan film adalah skenario, maka dasar untuk membuat game adalah design
document atau lebih mudahnya disebut skenario game. Kalau skenario menentukan
interior dan eksterior, dekor, pemain, dan studio, serta pembuatan trik, dalam
desain dokumen ada ketentuan program game, grafik, tokoh, animasi, suara, dan
musik. Berbeda dengan skenario yang merupakan sekuens linier dari adegan, turn
around point, dialog, dan seterusnya; design documents adalah gabungan dokumen
yang mendiskripsikan secara kompleks semua segi game yang direncanakan.
Konsep seharusnya berguna untuk memberikan gambaran garis
besar tentang cerita, prinsip-prinsip mekanisme game, dan titik berat untuk
gameplay. Karena itu konsep mencakup prinsip-prinsip dasar, gaya game, kerangka
peraturan, sinopsis cerita, karakteristik game, contoh misi, atau situasi-situasi
dalam game dan bisa juga diferensiasi perangkat pengguna atau ada efek-efek
khusus serta akhirnya unsur-unsur spesifik yang menjadi andalan pencipta.
Script
Dalam pemrograman komputer, naskah adalah sebuah program
atau urutan instruksi yang ditafsirkan atau dilakukan dengan program lain daripada
oleh komputer prossesor.
Skrip (script) adalah semacam bahasa pemrograman dalam
tingkat kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi
interpreter; skrip biasanya disisipkan ke dalam bahasa pemrograman yang lebih
kompleks dan hasil skrip digunakan oleh bahasa pemrograman yang lebih kompleks
itu.
Scripting
berarti menulis logika tingkat tinggi. Pada game engine lama, ada perbedaan
mencolok antara engine code, yang menciptakan sebuah peralatan, dengan
scripting, yang digunakan untuk benar-benar memprogram hal-hal seperti “lakukan
hal ini untuk mendapat hal yang lain”. Bahasa scripting pada umumnya lebih
simple dan terlindung dari bug, tetapi lebih lambat dan terbatas daripada
bahasa pemrograman lengkap seperti C/C++.
Storyboard
Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan
sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan ide cerita kita
kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat menggiring khayalan
seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi
yang sama pada ide cerita kita.
Storyboard pada Game sedikit berbeda dari storyboard
animasi, dimana pada storyboard game terdapat goal / mission yang akan
dibuat pada game itu sendiri. Kemudian storyboard pada game menjelakaskan
tentang alur permaianan itu sendiri seperti apa tergantung dari jenis
game. misalkan game ber-genre arcade tidak memiliki alur
cerita namun game terebut menitik beratkan pada perolehan point. Jadi
storyboard yang dibuat yaitu bagaimana pemain mendapat nilai / point setinggi
mungkin.
Storyboard juga berguna bagi pengembang game untuk membantu menyusun scene yang berbeda- beda menjadi sesuai dengan skenario dengan lebih mudah dan cepat. Sebagai contoh, berikut adalah storyboard dari game yang pernah saya buat dalam project praktikum di kampus. Mohon maaf bila gambar dan tulisan kurang memadai.
Hanya
sampai sini artikel ini dibuat. Jika ada kesalahan kata mohon dimaafkan. Jika
ada informasi yang salah mohon diberi saran. Terima kasih, Grazie, Danke, Arigatou,
and Thank You..!!
0 komentar:
Posting Komentar