Senin, 07 November 2016

Praktikum AP3 : Perulangan COBOL



Listing
 
Logika

Untuk mengawali pembuatan program harus memulainya pada kolom ke-8 ( 8 spasi). Pada bagian program ini terdapat Identification Division yang berfungsi untuk memberi identitas program, seperti judul program, nama pembuat, dan lain-lain. Program-ID merupakan penamaan judul program. Dalam hal ini judulnya adalah Rumah. Dalam program ini kita tidak menggunakan Environment Division namun kita harus tetap menuliskan divisinya.



Bagian ini menunjukan Data Division yang berfungsi untuk mendeskripsikan variabel serta tipe data yang digunakan dalam program. Kemudian ada Working-Storage Section yang merupakan bagian dari Data Division yang berfungsi untuk mengidentifikasi variabel dalam program.
Dalam bagian ini, kita membuat 3 variabel yaitu,  angka, awal dan segi. angka memiliki picture clause 99 yang berarti isinya adalah numeric jumlah maksimal 2 angka; awal memiliki picture clause 99 segi memiliki picture clause 99.
Masih dalam Data Division, Screen Section berfungsi untuk membuat sebuah paragraph berisi string yang dapat ditampilkan kapan saja saat paragraph tersebut dipanggil. Paragraph dalam screen section adalah hapus, berisi perintah blank screen untuk membuat layar menjadi kosong.


Bagian ini terdapat Procedure Division yang merupakan divisi tempat instruksi pada program dibuat. Pertama membuat paragraph bernama MULAI. Paragraph memiliki fungsi yang sama seperti class di OOP. Didalam paragraph ini ada perintah Display yang berfungsi untuk menampilkan perintah atau string. Accept digunakan untuk menyimpan masukan (input) kedalam variabel dan compute untuk melakukan operasi bilangan pada sebuah variabel.
            Paragraph kedua bernama PROSES. Paragraph ini berisi Display yang berfungsi untuk menampilkan perintah atau string. Perform berfungsi untuk menjalankan paragraph lain di dalam paragraph ini; times berfungsi untuk menjalankan perintah berulang-ulang perform batasan yang ditentukan (batasannya adalah isi dari segi, awal dan angka).
Kemudian ada struktur percabangan, kondisinya jika nilai awal = angka maka akan menjalankan paragraph akhir selain itu maka berpindah, dengan perintah go to, ke paragraph cek.
Paragraph ketiga bernama AKHIR yang berisi perintah STOP RUN untuk menghentikan program.
Bagian ini kita membuat 4 paragraph yaitu CEK, SPASI, CETAK dan CETAK1.  Paragraph Cek berfungsi untuk melakukan penghitungan dan setelah dua kali melakukan compute  akan berpindah ke paragraph proses dengan perintah go to.
Paragraph Spasi, Cetak, dan Cetak1 berfungsi untuk menampilkan string dengan perintah display. Spasi untuk mencetak spasi sebagai segitiga siku kiri atas, Cetak untuk mencetak simbol ‘ \ ’ sebagai atap/ jajar genjang, dan Cetak1 untuk mencetak simbol ‘ * ‘ sebagai segitiga sama sisi


OUTPUT

0 komentar:

Posting Komentar